0813-2602-2472 / 0851-8305-5248
infosttkao@gmail.com
STT KAO
HOME
TENTANG KAMI ▾
Sejarah Visi dan Misi Kerjasama Identitas Yayasan Struktur Organisasi
AKADEMIK ▾
Program Sarjana ▸
S1 Teologi ▸
Kegiatan Profil Dosen Kurikulum
S1 Musik Gereja ▸
Kegiatan Profil Dosen Kurikulum
S1 PAK ▸
Kegiatan Profil Dosen Kurikulum
Program Pascasarjana ▸
S2 Teologi ▸
Kegiatan Profil Dosen Kurikulum
S2 PAK ▸
Kegiatan Profil Dosen Kurikulum
Penerimaan Mahasiswa ▸
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Syarat Pendaftaran Beasiswa
Kalender Akademik Perpustakaan
KEMAHASISWAAN ▾
Layanan ▸
Keasramaan Kabar Baik Konseling Praktek Pelayanan BEM Beasiswa
Kegiatan ▸
Doa Pagi Chapel Ibadah Kerja Bakti Olahraga dan Seni Pendalaman Alkitab Perkebunan dan Peternakan Wajib Belajar
Buku Panduan ▸
Mahasiswa Praktek Pelayanan (PPMT) Organisasi BEM Bidang Kemahasiswaan
Data Mahasiswa Prestasi Mahasiswa
P3M ▾
Publisher ▸
Buku Pedoman Buku ISBN KAOPRESS
Penelitian Dosen
Jurnal ▸
SHIFTKEY JTS Template Jurnal
Pengabdian Masyarakat ▸
Kegiatan PKM Laporan Hasil PKM
Buku Pedoman ▸
Buku Pedoman Pengabdian Buku Pedoman Penelitian
P2MI ▾
AMI
Dokumen SPMI ▸
Standar Pendidikan Standar Penelitian Standar PKM
Organisasi SPMI SOP Kegiatan P2MI Dokumen Rujukan
ALUMNI ▾
Visi Misi Pengurus Alumni Kegiatan Alumni Kesaksian Alumni
Daftar Alumni ▸
Alumni S1 Alumni S2 Alumni D3
APPLY NOW

Perencanaan Pembelajaran

admin
Apr 5, 2025 Buku ISBN 0 Comment

Perencanaan Pembelajaran

Pembelajaran pada dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara terencana, sistematis, dan teratur, berlangung secara logis dan berdasarkan aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya. Setiap kegiatan pembelajaran bukan merupakan proyeksi keinginan dari guru secara sebelah pihak, akan tetapi merupakan perwujudan dari berbagai keinginan yang dikemas dalam suatu kurikulum. Kurikulum sebagai program pendidikan, masih bersifat umum dan sangat ideal. Untuk merealisasikan dalam bentuk kegiatan yang lebih operasional yaitu dalam pembelajaran, terlebih dahulu guru harus memahami tuntutan kurikulum, kemudian secara praktis dijabarkan kedalam bentuk perencanaan pembelajaran untuk dijadika pedoman operasional pembelajaran.

William H. Newman dalam bukunya Administrative Action Techniques of Organization and Management mengemukakan bahwa: Perencanaan adalah menentukan apa yang akan dilakukan. Perencanaan mengandung angkaian-rangkaian putusan yang luas dan penjelasan-penjelasan dari tujuan, penentuan kebijakan, penentuan program, penentuan metode metode dan prosedur tertentu dan penentuan kegiatan berdasarkan jadwal sehari hari. Dengan perencanaan yang baik maka setiap unsur dalam pembelajaran yang meliputi tenaga pendidik serta peserta didik mampu memahami perannya dengan baik dalam proses pembelajaran karena tugas-tugas yang seharusnya mereka kerjakan telah direncanakan sebelumnya.

Buku ini ditulis sebagai bentuk sumbangsih penulis pada dunia pendidikan secarak husus bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pembelajaran akan menjadi bermakna dan mencapai tujuan jika direncanakan sebelumnya dengan baik. Penulis menyadari bahwa buku ini jauh dari sempuma, oleh sebab itu bagi pembaca dapat memberikan kritik maupun sumbangsih pemikiran yang dapat menyempumakan pada edisi selanjutnya.

admin

Kawasan Pendidikan dan Sosial

Blok E No.1 BSB City, Kel. Jatibarang, Kec. Mijen

Semarang, Jawa Tengah 50219, Indonesia

Contact Person:
Dr. Fianus Tandiongan, M.Pd.K
WA 0813-2602-2472
STT Kristus Alfa Omega
WA 0851-8305-5248
infosttkao@gmail.com
Visitor Counter
©2025 Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega