Buku ISBN

  • Buku-Buku Terbitan KAO Press

Perencanaan Pembelajaran

Pembelajaran pada dasarnya merupakan proses aktivitas yang dilakukan secara terencana, sistematis, dan teratur, berlangung secara logis dan berdasarkan aturan-aturan yang telah disepakati sebelumnya. Setiap kegiatan pembelajaran bukan merupakan proyeksi keinginan dari guru secara sebelah pihak, akan tetapi merupakan perwujudan dari berbagai keinginan yang dikemas dalam suatu kurikulum. Kurikulum sebagai program pendidikan, masih bersifat umum dan sangat ideal. Untuk merealisasikan dalam bentuk kegiatan yang lebih operasional yaitu dalam pembelajaran, terlebih dahulu guru harus memahami tuntutan kurikulum, kemudian secara praktis dijabarkan kedalam bentuk perencanaan pembelajaran untuk dijadika pedoman operasional pembelajaran.

 

William H. Newman dalam bukunya Administrative Action Techniques of Organization and Management mengemukakan bahwa: Perencanaan adalah menentukan apa yang akan dilakukan. Perencanaan mengandung angkaian-rangkaian putusan yang luas dan penjelasan-penjelasan dari tujuan, penentuan kebijakan, penentuan program, penentuan metode metode dan prosedur tertentu dan penentuan kegiatan berdasarkan jadwal sehari hari. Dengan perencanaan yang baik maka setiap unsur dalam pembelajaran yang meliputi tenaga pendidik serta peserta didik mampu memahami perannya dengan baik dalam proses pembelajaran karena tugas-tugas yang seharusnya mereka kerjakan telah direncanakan sebelumnya.

 

Buku ini ditulis sebagai bentuk sumbangsih penulis pada dunia pendidikan secarak husus bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pembelajaran akan menjadi bermakna dan mencapai tujuan jika direncanakan sebelumnya dengan baik. Penulis menyadari bahwa buku ini jauh dari sempuma, oleh sebab itu bagi pembaca dapat memberikan kritik maupun sumbangsih pemikiran yang dapat menyempumakan pada edisi selanjutnya.